Advertisement

Advertisement

Doa Mohon Perlindungan dari Kejahatan Setan Dan Jin

Advertisement
Advertisement
MARWAHISLAM.net | Inilah Doa Mohon Perlindungan dari Kejahatan Setan Dan Jin ; # Qul - a’udzu – birabbin - nas, malikin - nas, ilahin - nas, min – syarril – waswaasil - khannas, alladzi - yuwaswisufl - shudurin - nas, minal – jinnati – wan – nas.# 

Artinya : (Kaatakanlah) Aku berlindung kepada Tuhan penguasa manusia, Raja segenap manusia, Tuhan segenap manusia, dari kejahatan setan penggoda yang bersembunyi, yang selalu membisikkan keraguan dalam hati manusia, baik ia dari golongan jin maupun manusia. (QS. Al-Nas (114) : 1 – 6).

Doa di atas merupakan suatu permohonan, harapan dan sekaligus tekad agar kita terhindar dari segala godaan setan. Yaitu setan dalam arti fisik maupun setan dalam arti yang supra fisik.

Setan yang fisik adalah sebagaimana dikisahkan dalam al-Quran, sebagai makhluk jahat yang terusir dari surga, yang lantas bertekad menggoda dan mengajak umat manusia untuk cenderung pada hal-hal yang tidak baik, serta untuk menuruti nafsu yang buruk dan destruktif, hingga hari kiamat tiba. Setan ini pantang menyerah dan akan selalu mengajak
manusia untuk menuju keburukan dan dosa, setiap saat.

Doa Mohon Perlindungan dari Kejahatan Setan Dan Jin
Setan yang fisik juga bisa diartikan sebagai makhluk halus yang tidak bisa dilihat dengan mata telanjang serta sulit dideteksi dengan pancaindera kecuali oleh orang-orang tertentu yang punya kepekaan supra natural.

Meskipun tidak kelihatan, kadang-kadang makhluk halus yang jahat suka menggoda dan mencelakakan manusia dalam berbagai bentuknya. Ini bisa kita temui pada beberapa peristiwa yang terkesan aneh yang kadang menimpa manusia, dan tidak sepenuhnya bisa ditafsirkan dengan perangkat analisis yang bersifat empiris, material, dan rasional.

Misalnya saja ada orang yang sakit —baik fisik maupun jiwa— yang justru sembuh dengan pengobatan supra natural dan metafisik, yang tentu saja di luar pemahaman dunia ilmiah, kedokteran, ilmu pengetahuan modern, dan semacamnya.

Akan tetapi, tidak semua makhluk halus selalu jahat, kadang juga ada yang balk. Al-Quran sendiri menulis bahwa selain manusia, memang ada makhluk-makhluk lain ciptaan Allah, yang bernama: Malaikat, Setan, dan Jin.

Dalam doa di atas ada dua makhluk halus yang disebut —yaitu Setan dan jin— yang bisa menggoda dan membahayakan manusia dalam berbagai cara dan bentuknya. Untuk itu, dalam doa di atas kita mohon perlindungan kepada Allah dari segala mara bahaya yang bisa dilakukan oleh Setan dan jin.

Dengan demikian, surat aI-Nas di atas bisa kita pakai sebagai pencegah dan tolak bala dari segala mara bahaya yang dilakukan oleh setan dan jin yang punya kecenderungan berbuat jahat kepada manusia.

Yang menarik, dari doa di atas ternyata dikatakan bahwa ada setan dari golongan jin dan manusia. Ini menunjukkan bahwa manusia pun bisa menjadi setan bagi manusia yang lainnya jika perilakunya tidak ubahnya seperti setan yang jahat, yang mengajak pada dosa dan keburukan, serta hal-hal yang tidak baik.

Dengan demikian, berarti ada setan yang supra fisik, yaitu yang bersemayam pada jiwa dan nafsu manusia itu sendiri, yang selalu berbisik dan mengajak kita semua untuk melakukan hal-hal yang tidak baik, jahat, dan buruk. Dalam istilah khusus doa di atas, setan tersebut membisiki kita untuk selalu mengalami keraguan dalam melakukan kebaikan, dan mengubahnya menjadi keputusan untuk melakukan keburukan dan dosa.

Dimensi setan yang mengajak pada hal-hal yang buruk dan tidak baik selalu ada dalam diri setiap manusia. Untuk itu, kita sebaiknya ber doa dan bertekad untuk membunuh potensi setan dalam diri kita masing-masing.

Doa di atas, dengan demikian, bisa kita maknai dan tafsirkan secara lebih luas dan mendalam.
Baca juga : Doa Mohon Negeri Aman dan Tidak Menyembah Berhala
Advertisement
Advertisement

Subscribe to receive free email updates: