Advertisement

Advertisement

Delapan Unsur Alam Yang Wajib Dimiliki Seorang Pemimpin

Advertisement
Advertisement
MARWAHISLAM.net | Seorang pemimpin wajib memiliki sifat dari 8 (delapan) unsur alam sebagai bakat dan tipikalnya dalam memimpin orang-orang dibawahnya, birokrasinya dan mengelola sumberdaya alam di wilayahnya. Inilah  8 Unsur Alam Yang Wajib Dimiliki Seorang Pemimpin dimana 4 daripadanya ada didalam dirinya yaitu air, api, angin dan tanah serta 4 lainnya dari alam semesta yaitu langit, bulan, bintang dan matahari.

Pertama : Unsur Langit
Langit yang terlihat berwarna biru dan berbentuk payung seolah-olah memayungi seluruh isi bumi ini dan memberikan naungan serta kedamaian kepada kita semua.  Indah bila dipandang, merasa teduh berada dibawah langit ini. Pemimpin dengan sifat langit yang ada padanya akan memberikan naungan kedamaian kepada seluruh manusia dan alam yang berada dalam tanggungjawabnya.

Kedua : Matahari
Terang dan panas bersumber dari matahari dan matahari terus menerus menyinari bumi dengan cahayanya yang menerangi sehingga membuat seluruh dunia ini cerah dan terang benderang. Tamsil matahari bagi seorang pemimpin adalah ia wajib mampu memberikan penerangan kepada orang-orang yang dipimpinnya dengan ilmu pengetahuan dan tehnologi demi meningkatkan sumberdaya manusia yang dipimpinnya. Matahari merupakan lambang penerangan.

Delapan Unsur Alam Yang Wajib Dimiliki Seorang Pemimpin

Ketiga : Bulan
Bulan juga ikut memberikan penerangan kepada alam ini namun ia tidak menyumbang panas.  Bulan yang indah dan sedap mata ketika dipandang dan terasa damai ketika dihayati memberikan kedamaian tersendiri bagi kita.  Jadi seorang pemimpin yang memiliki sifat bulan akan senantiasa memberikan kedamaian kepada siapapun, tak pernah bosan menatap wajahnya dan damai jika bersamanya. Bulan adalah lambang kedamaian.

Keempat : Bintang
Bintang yang seolah-olah bergelantungan di langit sana, selalu bersinar dan berkedip-kedip sepanjang malam menunjukkan kewibawaannya kepada seluruh isi bumi ini, sehingga seorang pemimpin yang memiliki sifat bintang ini pasti senantiasa berwibawa dimata siapapun.  Maka bintang adalah lambang kewibawaan seorang pemimpin. Pemimpin wajib berwibawa.

Kelima : Angin
Angin yang senantiasa berhembus memberikan kesejukan kepada seluruh isi bumi tanpa pilih kasih.  Angin tak menghembusi hanya orang-orang yang sedang kepanasan saja tetapi angin menghembus merata mengenai semua orang.  Pemimpin yang memiliki sifat angin ini akan senantiasa adil dalam kepemimpinannya tanpa memihak kepada pribadi dan golongan tertentu saja. Angin merupakan lambang keadilan. Pemimpin wajib adil.

Keenam : Air
Air yang senantiasa mengalir mencari dan mengisi titik-titik terendah. Air pasti merendami kawasan yang paling rendah di permukaan bumi ini. Maka seorang pemimpin yang memiliki sifat air pasti senantiasa memperhatihan orang-orang terendah atau termiskin dan yatim piatu di wilayah yang dipimpinnya.

Ketujuh : Api
Api dengan sifatnya yang membakar dan panas senantiasa membakar apa saja yang ada di dekatnya tanpa memilih dan memilah dengan penuh ketegasan tanpa batasan.  Semua yang bisa dibakar pasti dilahapnya. Api disini menjadi lambang ketegasan sehingga pemimpin yang memiliki sifat api pasti akan tegas dalam kepemimpinannya. Yang benar pasti akan tetap berada pada kebenaran dan yang salah tetap salah di matanya dan dalam tindakanya. Pemimpin itu wajib tegas.

Kedelapan : Tanah
Tanah merupakan unsur terakhir dan sangat penting dimiliki oleh seorang pemimpin. Sebagaimana sering kita saksikan bahwa semua jenis bangkai, baik itu binatang maupun manusia serta segala jenis sampah baik itu bangkai mobil, bangkai pesawat, plastik, kaleng, tahi dan sebagainya yang semua itu dibenamkan kedalam tanah. Adakah tanah pernah mengeluh?. Tentu tidak karena itulah sifatnya tanah yaitu SABAR. Dengan penuh kesabaran ia menampung segalanya didalam perutnya. Itulah sebabnya pemimpin wajib memiliki sifat tanah agar ia sabar menerima segala kritikan dan masukan serta cacian dari orang-orang yang dipimpinnya. Pemimpin wajib bersikap sabar.

Inilah 8 unsur alam yang wajib dimiliki seorang pemimpin, semoga kita dan seluruh rakyat ini mampu menentukan pilihannya dengan tepat. Bagikanlah tulisan ini kepada teman, rekan dan kerabatmu agar kita semua bisa menentukan pemimpin pilahan secara tepat dan benar sehingga membawa kita dan alam ini kepada kesejahteraan dan kemakmuran. 

Baca juga : 

Beginilah Cara Menuju Haji Mabrur

Advertisement
Advertisement

Subscribe to receive free email updates: