Advertisement

Advertisement

Doa Mohon Diterima Amal Baik

Advertisement
Advertisement
MARWAHISLAM.net | Setiap selesainya berubudiah kepada Allah Subhanahu Wata’ala, alangkah sempurnanya jika kita barengi dengan Doa Mohon Diterima Amal Baik yang bacaannya seperti ini :

# Rabbana - taqabbal – minna - innaka – antas - sami’ul - ’alim #.

Artinya : Ya Tuhan kami, terimalah amal baik kami, Sesungguhnya Engkau Maha mendengar Lagi Maha Mengetahui. (QS. Al-Baqarah (2) : 127).

Untaian kalimat di atas, merupakan sebagian dari doa Nabi Ibrahim dan Nabi Ismail setelah berhasil membangun Ka’bah (Baitullah).

Ibrahim dan Ismail berharap agar apa yang mereka kerjakan tidaklah sia-sia, melainkan diterima oleh Tuhan sebagai amal baik. ”Terimalah amal baik kami (yaitu membangun Ka’bah),” ucap Ibrahim dan Ismail.

Doa Mohon Diterima Amal Baik

Doa di atas, tentunya bisa dipakai oleh siapa saja, karena isinya akan selalu aktual sepanjang masa. Dan, amal baik seseorang tentu saja bermacam-macam dan berbeda-beda.

Yang jelas, amal baik adalah apa yang telah dikerjakan dan dilakukan seseorang secara jujur, tulus, dan ikhlas, yang sekiranya baik dan berguna bagi kehidupan dan kemanusiaan.

Kita berdoa, agar segala amal baik kita bias diterima oleh Allah, baik di dunia maupun di akhirat, dan menjadi sumbangsih nyata untuk mencerahkan sejarah umat manusia, semesta, dan kehidupan.

Kita juga patut berdoa kepada Allah, mudah-mudahan amal baik kita bisa ikut andil untuk membantu proses pemeradaban umat manusia, yaitu proses menjadikan kehidupan umat manusia menjadi semakin baik, semakin manusiawi, dan semakin beradab.

Dari uraian sederhana di atas, bisa dikatakan bahwa amal baik seseorang, sebagai niat yang jujur dan tulus untuk berbuat baik dan berguna, akan selalu diuji pada dua dimensi sekaligus, yaitu dimensi ketuhanan dan dimensi kemanusiaan.

Artinya, bagaimana pun amal baik kita (kelak) akan diuji oleh (sejarah) umat manusia dan oleh Tuhan sekaligus. Kata “kelak” itu bisa berarti kenyataan sejarah yang ada di dunia, atau bisa juga berarti suatu penilaian dari Allah di akhirat (dunia keabadian) kelak.

Baca juga : 

Doa Mohon Diberi Hujan Yang Bermanfaat

Advertisement
Advertisement

Subscribe to receive free email updates: