Advertisement

Advertisement

Doa Mohon Diberi Rahmat dan Petunjuk Yang Lurus

Advertisement
Advertisement
MARWAHISLAM | Inilah bacaan Doa Mohon Diberi Rahmat dan Petunjuk Yang Lurus :

# Rabbana – atina - min - ladunka – rahmatan – wa - hayyi’ – lana - min – amrina – rasyada #.

Artinya : Ya Tuhan kami, berikanlah kami rahmat dari sisi-Mu, dan sempurnakanlah bagi kami petunjuk yang lurus dalam urusan kami. (QS. Al-Kahfi (18) : 10).

Menurut al-Quran, doa di atas pernah diucapkan oieh Ashabul Kahfi, yaitu beberapa pemuda yang ditemani seekor anjing, yang menghindarkan diri dari kezaliman penguasa di masa itu. Ashabul Kahfi tetap teguh untuk mempertahankan iman dan tidak mau tunduk di depan penguasa yang zalim.

Doa Mohon Diberi Rahmat dan Petunjuk

Diceritakan dalam al-Quran, Ashabul Kahfi sempat bersembunyi di dalam gua, dan dengan izin Allah mereka tertidur selama 309 tahun qamariah.

Doa Ashabul Kahfi di atas, setidaknya berisi dua hal. Pertama, mohon diberi rahmat. Kedua, mohon diberi petunjuk. Doa di atas tentunya masih bisa kita kontekstualisasikan sepanjang zaman. Mengapa ?. Soalnya rahmat dan petunjuk adalah kebutuhan setiap manusia di mana pun dan sampai kapan pun. Mengenai wacana ”rahmat” telah saya uraikan secara sederhana dalam doa-doa sebelumnya.

Kemudian petunjuk yang dimaksudkan dalam doa di atas secara lengkap adalah berbunyi: ”Sempurnakanlah bagi kami petunjuk yang lurus dalam urusan kami”.

Dalam kehidupan yang sangat kompleks inj, tentunya setiap manusia punya problem dan masalah sendiri-sendiri yang beraneka ragam.  Mungkin ada nuansa persamaannya antara problem manusia yang satu dengan manusia yang lainnya, akan tetapi juga banyak Perbedaan-perbedaannya.

Dari sanalah, setiap manusia bisa memohon petunjuk yang lurus dalam urusannya masing-masing yang khas. Petunjuk lurus yang dimaksudkan tentunya adalah petunjuk yang baik, benar, bermanfaat, berkah, dan sebagainya.

Advertisement
Advertisement

Subscribe to receive free email updates: